Wednesday, September 10, 2008

Internet dan Gula Darah - Bermain Game Pertajam Pikiran - Banyak Berjalan Tingkatkan Memori

Internet dan Gula Darah

Penderita diabetes boleh tersenyum karena mereka bisa mengakses program internet untuk membantu mengendalikan penyakit mereka.

Melalui internet, para ahli sudah mengembangkan program BGA Thome sebagai adaptasi dari program khusus yang berfungsi meramalkan dan mencegah naik turunnya konsentrasi gula darah.

Artinya, penderita diabetes dapat menjaga kadar gula darah atau glukosa harian dengan cara mencatat gejala yang timbul berkenaan dengan kondisi rendahnya kadar gula.

“Kontrol gula darah versi internet didesain agar penderita bisa mengontrol kadar gula darah sendiri darah rumah atau ruang pribadinya,” ujar Daniel Cox, pemimpin riset dari University of Virginia Health Systems.

Dengan program ini, peneliti juga mendapati penderita lebih mungkin melakukan pilihan lebih bijaksana pada saat tingkat gula darah mereka rendah. Misalnya, dengan berpuasa karbohidrat atau memilih untuk tidak menyetir saat tingkat gula darah mereka sangat rendah

Media Indonesia, 11 Agustus 2008

Bermain Game Pertajam Pikiran

Anggapan bermain game membuat anak menjadi bodoh sebaiknya dihilangkan. Hasil penelitian Fran Blumberg dan rekan – rekannya dari Universitas Fordham di Boston membuktikan bermain game akan meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir.

Penelitian itu melibatkan 122 murid kelas 5, 6, dan 7. Mereka diminta menyelesaikan suatu permainan yang belum pernah mereka mainkan dalam 20 menit. Hasil penelitian itu menunjukkan murid yang biasa bermain game mampu menyelesaikan permainan tersebut dan meraih nilai tinggi. Sementara itu, sebagian dari mereka yang tidak biasa main game tidak mampu menyelesaikan permainan tersebut.

“Anak – anak yang lebih muda memusatkan pikiran dalam perencanaan dan menemukan penyelesaian masalah ketika sedang bermain game, sedangkan para remaja sedikit berpikir dan membutuhkan waktu yang lama dalam menentukan strategi yang akan digunakan,” ujar Blumber

Sumber : Media Indonesia 20 Agustus 2008

Banyak Berjalan Tingkatkan Memori

Orang dewasa yang mengikuti program khusus aktivitas fisik, terbukti menunjukkan peningkatan fungsi kognitifnya. Begitu tertulis dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) terbaru .

Penyakit Alzeimer, tak dipungkiri kian meningkat penderitanya. Seiring dengan makin tingginya harapan hidup seseorang. Maka, memperlambat munculnya resiko kepikunan menjadi hal penting.

Nicola T. Lautenschlager, MD, dan rekan sejawat dari Universitas Melbourne, Australia, pun melakukan penelitian tentang aktifitas fisik pada 138 orang berusia 50 tahun ke atas. Mereka yang dipilih secara random itu diberikan program aktivitas fisik selama 24 minggu. Mereka diharuskan melakukan aktivitas fisik (dengan berjalan) tersebut sedikitnya 150 menit dalam seminggu.

Dan hasilnya, para sukarelawan yang mengikuti program tersebut menunjukkan angka rata-rata yang baik. Dalam arti, lebih lambat mengalami penurunan daya ingat dibandingkan kelompok pembanding yang tidak mengikuti program tersebut.

“Dibandingkan dengan minum obat, yang tidak menunjukkan hasil signifikan dalam 36 bulan pertama, aktivitas fisik justru punya manfaat lebih. Selain memperbaiki fungsi otak, juga bisa membantu mengatasi depresi, kerja jantung, yang bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang,” jelas Nicola

Sumber : Koran Tempo, 10 September 2008

1 comment:

Anonymous said...

very nice post - simple but very informative

buy backlinks