Wednesday, September 3, 2008

Ikan Rebus Cegah Stroke - Brokoli dan Kesehatan Jantung - Semangka dan Libido

Ikan Direbus Cegah Stroke

Hasil studi di Finlandia menunjukkan manula yang rutin mengkonsumsi ikan tanpa digoreng memiliki resiko kerusakan otak lebih rendah sehingga peluang stroke dan lupa ingatan semakin tipis.

Studi yang dilakukan terhadap 3.660 orang berusia 60-an tahun ke atas itu menyebutkan mereka yang menyantap ikan tuna dan ikan lain yang dibakar atau direbus, sedikitnya 3 x per minggu, beresiko lebih kecil terkena kerusakan jaringan otak jika dibandingkan dengan mereka yang jarang makan ikan.

Dengan kata lain, ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon, mackerel, dan tuna albacore memiliki manfaat sangat penting bagi kesehatan.

Menurut kepala studi Dr. Jyrki K Virtanen dan kawan-kawan dari University of Kuopio, jika ikan yang dimakan itu digoreng, ternyata tidak akan ada manfaatnya. Hal itu karena turunnya kandungan omega-3 dalam ikan.

Sumber : Media Indonesia, 06 Agustus 2008


Brokoli dan Kesehatan Jantung

Brokoli ternyata, selain mampu menyembuhkan kanker prostat, dapat memulihkan jaringan pembuluh darah jantung yang rusak akibat diabetes.

Menurut penelitian tim dari Universitas Warwyck, senyawa sulforaphane yang ditemukan pada sayuran dari keluarga Brassica itulah yang menjadi penyebab penyembuhan tersebut.
Hasil penelitian itu mengungkapkan senyawa sulforaphane mengakibatkan protein dalam tubuh yang dikenal dengan nrf2 yang dapat melindungi sel dan jaringan dari kerusakan. Apalagi, sayuran itu juga diketahui memproduksi sebuah enzim yang dapat melindungi pembuluh darah dan menurunkan molekul tingkat tinggi yang menyebabkan kerusakan sel.

“Penelitian kami memperlihatkan senyawa seperti sulforaphane yang dihasillkan brokoli lah yang membantu proses penyembuhan rusaknya pembuluh darah yang diakibatkan diabetes,” kata peneliti Professor Paul Thornalley.

Sumber : Media Indonesia 07 Agustus 2008


Semangka dan Libido

Hasil penelitian terbaru mengungkapkan semangka mengandung senyawa yang baik bagi jantung dan system peredaran darah. Bahkan semangka diduga dapat meningkatkan libido.

Dr. Bhmu Patil dari Universitas Texas A&M, AS, bersama koleganya melakukan studi yang menyelidiki manfaat buah tersebut bagi kesehatan. Kesimpulannya, saat kita mengkonsumsi semangka, senyawa organic citrulline diubah menjadi asam amino yang dinamai arginine.

“Hubungan citrulline-arginine membantu kita menjaga kesehatan jantung, system kekebalan tubuh, dan bisa jadi sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita obesitas dan diabetes tipe 2,” kata Patil.

Ia menambahkan, arginine juga dapat meningkatkan senyawa nitric oksida yang berguna untuk mengendurkan pembuluh darah, efek yang sama dengan yang dimiliki Viagra. Karena itu, Patil menduga semangka dapat digunakan untuk menangani dan mencegah disfungsi ereksi.

Sumber : Media Indonesia 03 Juli 2008

No comments: