Tuesday, November 25, 2008

10 Nama Malaikat dan 25 Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Kita Ketahui

Dalam ajaran Islam terdapat 10 nama Malaikat yang wajib diketahui, yakni :

1. Malaikat Jibril, tugasnya Menyampaikan wahyu
2. Malaikat Mikail, tugasnya Menyebarkan rezeki
3. Malaikat Israfil, tugasnya Meniupkan Sangkakala
4. Malaikat Izrail, tugasnya Mencabut nyawa Makhluk hidup
5. Malaikat Raqib, tugasnya Mencatat amal kebaikan manusia
6. Malaikat Atid, tugasnya Mencatat amal keburukan manusia
7. Malaikat Munkar, tugasnya Menanyakan mayat di alam kubur ( Barzah )
8. Malaikat Nakir, tugasnya Menanyakan mayat di alam kubur ( Barzah )
9. Malaikat Malik, tugasnya Menjaga pintu neraka
10. Malaikat Ridwan, tugasnya Menjaga pintu Syurga


Etimologi
Kata "nabi" berasal dari kata naba yang berarti "dari tempat yang tinggi"; karena itu orang 'yang di tempat tinggi' semestinya punya penglihatan ke tempat yang jauh (prediksi masa depan) yang disebut nubuwwah.

Perbedaan Nabi dan Rasul

Rasul adalah laki-laki yang diperintahkan Allah untuk menyampaikan wahyu kepada kaumnya pada zamannya. Percaya kepada para nabi dan para rasul merupakan Rukun Iman yang keempat dalam Islam.

Para Nabi boleh menyampaikan wahyu yang diterimanya tetapi tidak punya kewajiban atas umat tertentu atau wilayah tertentu. Sementara, kata "rasul" berasal dari kata risala yang berarti penyampaian. Karena itu, para rasul, setelah lebih dulu diangkat sebagai nabi, bertugas menyampaikan wahyu dengan kewajiban atas suatu umat atau wilayah tertentu. Dari semua rasul, Muhammad sebagai 'Nabi Penutup' yang mendapat gelar resmi di dalam Al-Qur'an Rasulullah adalah satu-satunya yang kewajibannya meliputi umat dan wilayah seluruh alam semesta 'Rahmatan lil Alamin'.

Terdapat 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui dengan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul yang terakhir untuk seluruh umat sepanjang masa, yaitu :

1. Adam AS (klik untuk kisahnya)
2. Idris AS (klik untuk kisahnya)
3. Nuh AS (klik untuk kisahnya)
4. Hud AS (klik untuk kisahnya)
5. Soleh AS
6. Ibrahim AS
7. Luth AS
8. Ismail AS
9. Ishak AS
10. Yakub AS
11. Yusuf AS
12. Ayub AS
13. Sueb AS
14. Musa AS
15. Harun AS
16. Zulkifli AS
17. Daud AS
18. Sulaiman AS
19. Ilyas AS
20. Ilyasa AS
21. Yunus AS
22. Zakaria AS
23. Yahya AS
24. Isa AS
25. Muhammad SAW.

Nabi/Rasul yang mendapat julukan Ulul Azmi atau nabi/rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa dalam menjalankan kenabiannya/kerasulannya :
1. Nuh AS.
2. Ibrahim AS.
3. Musa AS.
4. Isa AS.
5. Muhammad SAW.

Referensi
1. Dari Abi Zar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para nabi, "(Jumlah para nabi itu) adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) nabi." "Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?" Beliau menjawab, "Tiga ratus dua belas(312)" Hadits riwayat At-Turmuzy.
2. "Kami tiada mengutus rasul rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang-laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui." (Al anbiyya’ 21:7)
3. "Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka..." (An Nisaa' 4:34)

Sumber tambahan : http://id.wikipedia.org/wiki/Nabi_Islam