Monday, February 2, 2009

Tidur Tingkatkan Efektivitas Belajar

PELAJAR dan mahasiswa mengira bahwa belajar semalam suntuk dapat membantu menghafalkan bahan ujian. Ternyata metode yang paling ampuh mempelajari bahan ujian adalah tidur yang cukup setelah belajar.

Studi yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa ketika tidur, secara aktif otak menyerap apa yang dipelajari sebelumnya.

Howard Nusbaum, profesor psikologi dari Universitas Chicago, AS, mengungkapkan, ''Jika kita belajar di pagi hari, pada sore hari ada kemungkinan kita bisa lupa sebagian dari hal tersebut. Namun, jika kita tidur setelah belajar, secara otomatis apa yang dipelajari akan tersimpan dalam pikiran.''

Hasil studi itu dipublikasikan di Jurnal Belajar dan Ingatan edisi terbaru. Nusbaum belum memastikan peranan dari mimpi, tetapi terkadang mimpi berguna sebagai latihan untuk otak agar lebih mudah mengingat apa yang baru dipelajari.

Selain itu, tidur sebelum belajar juga penting dalam proses penyerapan tersebut, kata Jerry Siegel, profesor dari Pusat Riset Tidur di Universitas California. Tidur cukup sebelum belajar dapat meningkatkan stamina belajar.

Sumber : Media Indonesia, 07 Desember 2008