Thursday, August 6, 2009

Kabar Terakhir WS Rendra - Hari - Hari Terakhir


07 Agustus 2009 - Lokasi tempat peristirahatan terakhir penyair WS Rendra mulai digali oleh sejumlah petugas. Liang lahat yang telah dipersiapkan itu hanya berjarak sekitar 7 meter dari makam Mbah Surip.

Pantauan detikcom, lokasi pemakanan ini jaraknya sekitar 20 meter dari Bengkel Teater, Cipayung, Jumat (7/8/2009). Untuk menempuhnya kita harus melalui jalan setapak yang telah dirapikan dengan tumpukan kerikil.

Luas lokasi pemakaman sekitar 10x20 meter dengan kondisi yang berundak-undak. Makam Mbah Surip letaknya persis di bawah liang lahat untuk Rendra.

Pekerjaan penggalian baru mulai dilakukan sejak pagi tadi oleh beberapa petugas. Hingga pukul 07.30 WIB proses penggalian masih terus dilakukan.

Tenda-tenda juga mulai dipersiapkan di sekitar lokasi pemakaman. Sedangkan jenazah Rendra sendiri masih disemayamkan di aula Bengkel Teater.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2009/08/07/075038/1179002/10/ws-rendra-dan-mbah-surip-hanya-dipisahkan-jarak-7-meter


06 Agustus 2009 - Penyair WS Rendra meninggal dunia. Rendra meninggal di Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok pukul 22.00 WIB.

"Meninggal di RS Mitra Keluarga Depok, pukul 22.00 WIB," kata salah satu sahabat Rendra, Edi Haryono saat dihubungi detikcom, Kamis (6/8/2009).

Edi belum mengetahui secara pasti penyebab kematian Rendra. Informasi ini didapat Edi dari salah satu asisten Rendra.

"Dikabarin asistennya begitu meninggal 10 menit kemudian," kata Edi.

Penyair bersuara serak ini sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading. Rendra masuk rumah sakit akibat jantung koroner yang dia alami.

Sebelumnya pria kelahiran Solo tahun 1935 itu sempat dirawat di RS Cinere sejak Kamis, 25 Juni. Namun karena kondisinya tidak membaik, Rendra lantas dirujuk ke RS Harapan Kita, lalu dirujuk lagi ke RS Mitra Keluarga.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2009/08/06/230022/1178897/10/ws-rendra-meninggal-di-rs-mitra-keluarga-depok


05 Agustus 2009 - Almarhum Urip Ahmad Ariyanto alias Mbah Surip sudah terbaring di komplek pemakaman Bengkel Teater milik WS Rendra, Selasa, 4 Agustus kemarin malam. Pemilik area pemakaman, WS Rendra yang kini masih dirawat di rumah sakit, tidak memungut biaya sepeser pun untuk keluarga dan manajemen Mbah Surip.

"Tidak ada biaya sepeser pun. Itu seperti yang dijanjikan Mas Rendra," kata juru bicara Bengkel Teater, Iwan Burnani, di lokasi pemakaman, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Rabu, 5 Agustus 2009.

Menurut Iwan, keluarga dan manajemen WS Rendra samaka sekali tidak memungut tarif pemakaman. Dari mulai penyediaan minum untuk tamu, biaya penggalian, sampai jasad Mbah Surip masuk liang lahat. "Semua ditanggung Mas Rendra," ujar dia.

Pemakaman di padepokan milik penyair yang dijuluki Burung Merak itu sudah ada sejak tahun 1980an. Di lokasi ini, sebagian besar sudah terbaring jasad para seniman lain.

Penyanyi fenomenal itu meninggal dunia sekitar pukul 10.30 WIB, Rabu, 4 Agustus kemarin dalam perjalanan ke Rumah Sakit Pusat Pendidikan Kesehatan TNI AD (Pusdikkes), Jakarta Timur. Dokter menduga kuat, Mbah Surip meninggal karena penyakit jantung.

Sumber : http://showbiz.vivanews.com/news/read/80447-ws_rendra_bebaskan_biaya_pemakaman_mbah_surip