Sunday, November 30, 2008

Thomas Beatie, Pria Yang Bisa Melahirkan

1. Rabu, 2 April 2008

PRIA hamil bukan cuma ada di film seperti yang diperankan Arnold Schwarzenegger dalam Junior. Seorang pria transgender yang mempertahankan organ reproduksi wanitanya saat ini sedang hamil lima bulan.

Thomas Beatie, nama pria ini, akan tampil di program talk show Oprah Winfrey. "Saya manusia dan punya hak untuk mempunyai anak biologis saya sendiri," kata Beatie dalam cuplikan wawancara dengan Oprah yang akan ditayangkan Kamis (3/4).

Semula banyak yang meragukan kebenaran cerita itu dan menganggapnya sebagai April Mob. Namun Oprah sudah mewawancarai Beatie, istrinya Nancy dan ahli kandungan mereka serta beberapa kawan pasangan itu. Beatie juga diwawancarai majalah People.

Nancy mengungkapkan dirinya tidak bisa hamil karena rahimnya sudah diangkat. Ini dibenarkan Beatie. "Jika Nancy bisa hamil, saya tidak akan lakukan ini," ujar Beatie.

Yang dimaksud Beatie adalah perjuangannya menjadi pria dengan bantuan sejumlah dokter dan teman. Suratnya pernah dimuat dalam majalah khas gay, The Advocate.



Dalam upayanya menjadi pria, Beatie yang terlahir sebagai perempuan di Hawaii 34 tahun lalu itu menghilangkan payudaranya lewat bedah rekonstruksi. Untuk melengkapi maskulinitasnya, pria yang bernama asli Tracy Lagondino itu mendapatkan suntikan hormon testosteron sekali dalam dua bulan.

Lalu, ketika sudah memutuskan ingin punya anak, ia menghentikan suntikan hormon testoster itu, sehingga ia mendapatkan kembali menstruasinya. Setelah siap, ia membeli sperma dari donor yang tidak dikenal dari sebuah bank sperma untuk membuahi sel telurnya. Percobaan pertama gagal.

Upayanya itu bukan tanpa cibiran. Salah satunya datang dari saudara laki-lakinya. "Ketika tahu saya keguguran, saudara saya bilang, 'Bagus lah. Siapa yang tahu jadinya bakal seperti monster mana nantinya,'" tutur Beatie.

Akhirnya, usaha itu membuahkan hasil dan dengan kehamilan yang sekarang, diperkirakan Beaty akan melahirkan pada 3 Juli 2008. "Punya anak itu bukan keinginan pria atau wanita, tapi keinginan manusia," katanya.(Reuters)

Sumber : http://kompas.co.id/read/xml/2008/04/02/12063134/pria.hamil.setelah.rahim.istri.diangkat

2. Jumat, 4 Juli 2008 Melahirkan
MASIH ingat dengan Thomas Beatie, pria transjender Amerika Serikat yang menghebohkan dunia dalam beberapa bulan terakhir ini dengan kehamilannya? Beatie akhirnya berhasil menggapai cita-citanya, yakni melahirkan seorang bayi perempuan sehat.

Seperti dilaporkan sejumlah media massa AS, Kamis (3/7), pria berusia 34 tahun itu berhasil mengeluarkan seorang bayi perempuan dari perutnya melalui persalinan caesar di rumah sakit St Charles Medical Center, Bend, Oregon.

Proses persalinannya dilakukan Minggu (29/6) lalu, dan Beatie beserta bayinya dilaporkan dalam keadaan sehat. Kepada majalah People, Beatie menyangkal kabar bahwa ia telah melakukan persalinan caesar. Tetapi ia pun tidak memberikan keterangan lebih jauh mengenai proses persalinannya.

Beatie awalnya dilahirkan sebagai seorang perempuan bernama Tracy Lagondino. Ia lalu memutuskan untuk mengubah statusnya dan menjalani operasi kelamin serta mendapat perawatan hormon sehingga hidup layaknya pria. Meski mengubah status jendernya, Beatie masih mempertahankan organ-organ reproduksinya ketika perubahan itu terjadi 10 tahun lalu.

Bayi perempuan itu adalah hasil kesabaran Beatie mengandung selama sekitar sembilan bulan. Ia memutuskan untuk hamil karena sang istri yang sudah dinikahinya selama lima tahun, Nancy, telah menjalani operasi pengangkatan rahim atau histerektomi. Supaya hamil, Beatie menghentikan suntikan testosteron yang biasanya dilakukan dua bulan sekali. Lalu, ia mengikuti program inseminasi dan menggunakan sperma donor pria tak dikenal untuk membuahi sel telur Beatie sendiri.

Tak bisa beri ASI
Meski sangat bahagia, Beatie mengaku masih ada yang kurang karena ia tak bisa memberikan air susu ibu. "Satu-satunya yang berbeda dari saya adalah tak bisa menyusui bayi saya. Tapi banyak juga ibu yang tak menyusi bayinya," ungkap Beatie yang payudaranya rata akibat operasi.

Sumber : http://kompas.co.id/read/xml/2008/07/04/1143401/pria.transjender.itu.akhirnya.melahirkan.

3. Jumat, 14 November 2008 Hamil untuk Kedua Kalinya
OREGON, KAMIS - Warga Amerika Thomas Beatie, seorang pria yang sempat menimbulkan kontroversi karena melahirkan bayi di bulan Juni lalu sekarang sedang hamil lagi menanti kelahiran anak keduanya.

Pemandu acara sebuah televisi di Amerika Serikat Barbara Walters hari ini mengumumkan, Beatie yang berjambang dan berkumis ini sudah tak lagi menggunakan testosteron untuk sementara setelah kelahiran anak perempuannya Susan. Karena itu, dia bakal melahirkan bayi lagi.

"Saya tanya padanya apakah hamil, jawabnya ya," jelas Barbara dalam sebuah show di televisi.

Pada Walters, Beatie mengungkapkan bahwa bayi ini sudah ada sejak 12 Juni dan "Saya merasa baik-baik saja...Segalanya berada di jalur yang benar."

Thomas, 34 tahun, warga Oregon ini, melakukan mastectomy tapi tetap mempertahankan organ-organ reproduksi wanitanya saat dia mengubah jenis kelaminnya menjadi pria di akhir tahun 90-an.

Dia dan pasangannya Nancy Roberts memutuskan untuk memulai berumah tangga dan hamil dengan inseminasi buatan tahun lalu. Dia hamil untuk kedua kalinya setelah anak pertamanya lahir dua bulan sebelumnya.

Walters mengatakan kisah ini dan menyebutkan bahwa wawancaranya akan tayang di televisi Amerika besok malam (Sabtu pagi waktu Indonesia) dalam sebuah tayangan dokumenter berjudul What is a Man, What is a Woman? Journey of a Pregnant Man.

Sumber : http://kompas.co.id/read/xml/2008/11/14/03002175/pria.transjender.itu.hamil.untuk.kedua.kalinya